Jumat, 11 Januari 2013

LONG WEEKEND #2: Reuse and Recyle



Jumpa lagi bot bit. Lanjut ya ceritanya. Hari Minggu Pun tiba, pagi sampai siang masih diribetkan dengan rumah, siangnya mau menuju suatu acara, tapi rupanya salah lihat jadwal, jadi sutralah berjalan tanpa arah dengan si mer, motor mio merahku. Setelah solat dhuhur dapetlah ilham, jalan-jalanlah aku ke pasar senggol, lihat-lihat barang di lantai 2. Tebak jual apa? Jual barang-barang second, di sana ada baju dkk, tas, dan juga ada sprei dan gorden bekas.
Ada juga barang-barang second semacam spring bed, meja kursi, karpet, sepeda, dll, dijualnya di deket pelabuhan. Katanya sih dulunya lebih banyak lagi barang yang dijual, sekarang sih udah jarang-jarang. Ambo sendiri bukan tipe orang yang harus pake barang baru, apalagi kalo kondisinya kayak sekarang yang bakal sering mutasi, jadi ya kalo mau dapat barang yang lumayan bagus dengan harga miring, beli barang second bisa jadi alternatif. FYI, kasur, karpet, dan gorden di rumah dinas itu barang second. Kalo kasurnya itu yang second spring alias peer-nya, kalo covernya sih baru. Kasur single yang beli seharga empat ratur ribu, sedang housemate-ku beli yg lebih besar tapi bukan yang terbesar sih. Karpet kalo nggak salah ambo beli 235ribu. Karpet ini teksturnya lebih lembut daripada kalo kita blei karpet baru. Sedang gorden aku lupa harganya, hehe. Aku benernya juga mupeng sebuah kursi ruang tamu second warna ungu yang berkelas, harga bekasnya aja empat jutaan, kayaknya sih harga barunya sepuluh juta lebih, tapi berhubung ini rumah sementara jadi gigit jari aja deh.

 
Mengenal barang bekas sih benernya udah lama, kalo dijakarta sih baju-baju itu berpusat di pasar senen, kalo beruntung dan telaten milih bakal nemuin barang oke harga miring dan pas ukuranya, secara barang bekas jadi nggak ada yang namanya pilihan ukuran atau warna kayak barang baru.  Awalnya aku piker yang beli itu kalangan menengah ke bawah, tapi setelah aku jalan ke pasar senen malah banyak mbak-mbak yang Nampak berpunya dan gaul sekseh ngobok-ngobok tuh pasar. Asiknya beli barang second biasanya sih unik, jarang ada yang nyamain, kadang-kadang juga dapet yang unik dan kalo bosen agak lebih tega beli lagi yang baru (tepatnya beli yang lein, yang bekas juga :D). Kemaren kapan waktu aku ke Pasar Buah Lepin, aku pernah nemu dress zara yang kubeli duapuluh ribu, dan pernah juga blazer zara basic seharga 35ribu. Lumayan kan? Jadi bagi bot bit yang berminat, nggak usah malu, kan beli barang bekas juga mensukseskan program 3 R, Reuse, Reduce, Recycle. :)
Eh kok jadi nglantur kebanyakan, kembali ke topic long weekend. Di pasar senggol cari-cari deh aku, kali aja dapet yang unik. Banyak yang unik, tapi kurang cocok kupake, nemu rompi biru donker sih, lumayan bisa buat variasi seragam kantor yg warna biru. Setelah ngobok-ngobok makin dalem makin dalem, nemu deh barang-barang rumah tangga dan akhirnya beli kain panjang dan taplak kecil rajut seharga 15ribu. Kedua barang itu mau ambo gunakan untuk proyek hasta karya ambo. Setelah capek, balik deh. Sesampainya di rumah, langsung menyelesaikan proyek rak buku dari kardus bekas. Yah seperti yang kuceritain sekilas diatas, pola mutasi pegawai membuat saya sayang beli barang mahal, karena g mau modal juga sih, juga dengan alibi mendaur ulang barang :p. Kardusnya saya dapet dari kantor, dapet tiga buah kardus bekas kertas ukuran kwarto, trus di kantor akujuga nemu pita printer dot matrik, jadi kuambil aja sekalian. Cara bikinnya kurang lebih gini:
1.       kutumpuk aja deh tiga kardus tanpa tutup, trus ketempel  pake double tape
2.       berhubung kalo gitu doing kok kurang oke jadinya bawahnya kutempel juga tutup kardus itu. Trus dililit deh pake pita printer yang direkatkan pake doubele tape juga
3.       Biar lebih cakep kututup deh pake kain panjang yang kubeli di pasar senggol, biar g geser2 aku tusuk pake paku kecil yang biasa dipake dijilbab.
4.       Atasnya aku permanis pake taplak rajut.
5.       Biar makin oke aku kasih juga Bunga mawar buatanku, cara bikinnya bisa dilihat di www.instructables.com. (Benernya itu masih belum jadi, niatnya mau bikin buket, tapi baru jadi bunganya, hehe)
6.       Tinggal tata buku-bukunya trus taruh deh origami burung biar tambah maknyos.
Gampang kan? Maaf ya bot bit, ambo g poto step by step, gini nih emang kalo agak-agak nggak niat ngeblog, tapi aku udah potoin hasil akhirnya. sori ya agak-agak kurang sip fotonya, hehe
tampak depan

agak dari atas

dari samping nih kelihatan tekstur taplaknya

dari atas biar kelihatan kembangnya :p

Habis bikin tuh ambo tidur siang deh, lupa lagi sore sampe malem ngapain. Yah minimal hari itu menghasilkan sebuah rak buku kan ya? Hihi.. yah Inti dari post kali ini adalah penerapan 3R dalam hidup saya, reuse, reduce, recyle, jangan malu pake barang bekas atau memanfaatkannya. Semoga posting kali ini bermanfaat :). Masih bersambung nih ceritanya, sabar ya, tapi kalo udah basi banget g dilanjut nggak papa kan ya? :p

1 komentar: